Entri Populer

Selasa, 03 Januari 2012

Jurnal Autocad

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN
KOMPUTER (COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION) AUTOCAD
PADA GAMBAR TEKNIK ELEKTRO DAN ELEKTRONIK
RATNA APRIYANI SETYAWATI
Alih Program Dikmenti 2008
Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif CAI AUTOCAD pada penerapan gambar teknik elektro/elektronika, menciptakan inovasi belajar dalam penerapan gambar teknik elektro/elektronika menggunakan AUTOCAD, pada khusunya AUTOCAD 2002. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapat sebuah validasi kompetensi untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis komputer AUTOCAD pada penerapan gambar teknik.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia pendidikan pada saat ini tidak di pungkiri telah memasuki era baru, yaitu era ekonomi global, serta era ilmu pengetahuan dan informasi di berbagai bidang. Pendidikan sekarang tidak lagi dimaksudkan untuk sekedar mendapatkan pengetahuan, tetapi lebih diarahkan agar anak didik memiliki keterampilan tertentu agar dapat bersaing dengan lingkungannya.
Bentuk pendidikan yang berjenis pendidikan kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didiknya mampu dalam bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan industri maupun masyarakat umum.
Kurikulum pendidikan UNJ dikembangkan untuk pembentukan lebih dari satu kemampuan yang lebih fleksibel secara vertikal maupun horizontal. Fleksibilitas secara vertikal yaitu lulusnya dirancang agar dapat mengerjakan mata pelajaran/bidang studi di SMP dan SMA/SMK yang menjadi bidang studi kewenangan utamanya. Fleksibilitas horizontal yaitu lulusannya dirancang untuk dapat mengajarkan satu atau lebih mata pelajaran /bidang studi serta siap terjun ke dunia industri.
Maka dari itu diperlukan persiapan berbentuk pemberian pelajaran yang bersifat pelatihan keterampilan selain pelajaran bersifat adapatif maupun normatif agar menjadi pesertadidik yang kompeten secara keilmuan maupun secara akhlak setelah lulus.
Bentuk penberian pelajaran yang banyak diterapkan pada dunia pendidikan adalah mutode konversional .Jadi banyak terjadi kecendrungan hasil dari pembelajaran tersebut tidak dapat tepat guna.Untuk mengatasi hal tersebut ,para praktisi serta para ahli pendidikan terus menerus mengembangkan metodepenyajian dalam proses pembelajaran.
Menurut perjalanan sejarah dunia pendidikan telah mengalami empat tahap perubahan ditinjau dan cara penyajian materi pelajarannya.Perkembangan pertama tatkala dalam masyarakat tumbuh suatu profesi baru yang disebut “guru”yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan.Perkembangan kedua dimulai dengan digunakan bahasa tulisan disamping bahasa lisan dalam penyajian pelajaran.
Perkembangan ketiga terjadi dengan ditemukan teknik pencetakan yang memungkinkan diperbanyak bahan bacaan dalam bentuk teks perkembangan pendidik yang keempat terjadi dengan mulai masuknya teknologi berikut produknya yang menghasilkan alat mekanis,optis,maupun elektronis.
Kompenen pendukung lain selain manusia pada sistem pembelajaran sekarang ini menjadi terasa peran pentingnya ,karenadunia pendidikan sudah tidak lagi berkonotasi pada memperoleh pengetahuan berasal dari satu sumber,yaitu sekolah yang proses informasinya hanya diperoleh dari guru sebagai orang yang berilmu.Proses pendidikan sekarang telah mulai berupaya mengarahkan kemampuan siswa untuk aktif mencari informasi dan pengetahuan melalui berbagai macam sumber.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh manusia untuk belajar sumber-sumber belajarini diindentifikasikan sebagai pesan,orang,bahasa,peralatan,teknik ,dan latar atau lingkungannya.
Kronologi dan teknis bagaimana pengetahuan disebarkan dari satu sumber kesumberlainnya terdiri beberapa pola seperti utamanya,dahulu,informasi didapat dari mulut kemulut ,kemudian berkembang dengan munculnya media cetak.lalu semakin berkembang dengan ditemukannya media audio visual sekarang sering dengan perkembangan zaman ribuan bahkan jutaan informasi dapat diperoleh hanya dengan menekan tombol-tombol komputer pada era ketika orang sangat mengandalkan komputer komputer sebagai salah satu sumber dalam mencari informasi termasuk dalam bidang pendidikan.
Komputer adalah segala alat/instrumen yang biasa dalam wujud alat elektronika yang dapat memproses prosedor informasi dan dapat menyediakan informasi yang telah diolah dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Sekarang komputer telah digunakan untuk berbagai keperluan,seperti untuk melakukan pengolahan kata (word processing).Pengolahan data (data base).Pengolahan citra (image processing) pengolahan angka (spreeadsheet),memutar video,memutar lagu atau musik,serta permainan (games).
Dalam dunia pendidikan sendiri komputer digolongkan kedalam salah satu sumber atau media (AECT 1994)Media merupakan alat untuk menyampaikan pesan atau menghantarkan pesan dari pengirim kepada penerima pesan penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting karena dapat membantu menyampaikan informasi dengan lebih mudah dan jelas.Sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.Kehadiran media dalam pembelajaran juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan serta tidak membosankan bagi siswa.
Hampir dipastikan bahwa dalam setiap pembelajaran pasti menggunakan media.Penggunaan media tidak hanya akan menyenangkan bagi siswa,tapi juga sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
Dengan penggunaan media siswa akan termetovasi untuk belajar kini telah banyak program komputer yang bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Salah satunya yang kita kenal dan mulai menjadi tren dalam dunia pendidikan saat ini adalah CAI (Computer Assisted Instruction).Atau dalam bahasa Indonesia yang baku dan lazim disebut dengan penbelajaran Berbantuan Komputer atau disingkat dengan PBK.
Akan tetepi berbeda dengan ruang lingkup keteknikan.Selain komputer atau media para insan keteknikan atau bahasa teknik tidak lain adalah gambar yang berkaitan dengan keteknikan atau dengan kata lain gambar teknik.
Gambar teknik adalah gambar yang bersifat tegas,ini terdiri dari garis-garis,sinbol-simbol serta tulisan tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu.Tegak dan tegas yaitu apa yang ada dikenyataan itu dihitung berskala
dan digambar secara presisitanpa mengenal estetika.
Disetiap kejujuran teknik baik tingkat SMK atau Perguruan Tinggi pada saat dimulainya awal tahun atau masuknya seorang siswa atau siswa pada tahun ajaran baru pasti ada mata pelajaran/matadiklat/matakuliah gambar teknik.Gambar teknik tentunya disesuikan dengan kejujuran masing-masing.Keiruan bangunan/sipil gambar trkniknya tentang bangunan,kejuruan elektro/eloktronika berkaitan dengan eloktro/eloktronika dll.
Terkadang kita sebagai insan teknik sering mengacuhkan dan mengesampingkan mengenai gambar teknik itu sendiri.Tetapi apakah kita pernah sedikitnya berpikir bahwa pentingnya akan sebuah gambar pada khususnya gambar teknik.
Contohnya pada jurusan teknik elektro
Jika seorang engineer/teknis akan merencanakan rangcangan instlasi listrikpenerangan rumah tinggal,sebagai teknis/tenaga ahli yang eloktronika jika ia akan membuat suatu proyek alat arus lemah/eloktronika, pastilah akan menggambar terlibih dahulu layout rangkaian elekroniknya sebelum diterapkan di papan PCB.
Media atau alat gambar yang sering digunakan para insan teknik yaitu media konvensional berupa alat tulis pensil, rapido/drawingpen, spidol, penghapus, penggaris, busur derajat, kertas manila. Untuk ruang lingkup kecil misalnya instalasi penerangan rumah sederhana dan layout mini amplifier elektronika media konvensional tersebut masih bisa kita gunakan. Bagaimana dengan instalasi gedung bertingakt, atau seseorang engineer/teknisi elektronika misalnya akan merencanakan sebuah motherboard/papan induk komputer terbaru dengan ribuan komponen elektronika yang serba mini.
Banyak program komputer yang digunakan untuk menggambar misalnya Paintbrush, Adobe Photoshop, Freehand, Adobe Pagemarker, Adobe Ilustrator, Maya, 3d Max, Ms. Visio, Electronic Workbench, Auto CAD dll.
Tetapi untuk masalah keteknikan pada khususnya teknik elektro program yang sering dipakai yaitu: Ms. Visio, Elektronic Workbench, Eagle, Ekspres, dan AutoCAD. Program komputer yang bidang kerjanya tak terbatas serta bisa diterapkan skala adalah program Autocad yang paling sering digunakan oleh para engineer/teknik profesional.
Pada perencanaan instalasi listrik skala sangat diperlukan dalam menggambar perencanaan instalasi tersebut. Dengan gambar kita bisa mengestimasi/menghitung biaya yang akan dibutuhkan untuk pekerjaan instalasi tersebut.
AutoCAD berasal dari suatu pengembang software komputer yaitu “Autodesk” dengan konsep Graphical User Interface (GUI) yang berusaha memanfaatkan komputer grafik sebagai sarana untuk menggunakan komputer lebih mudah serta “CAD” atau “Computer Aided Design” yaitu membuat/merencana gambar dengan komputer yang pada intinya merupakan interaksi langsung ketika melakukan proses desain suatu rancangan menggunakan “CAD” lebih melekat perannya dalam dunia teknik.
Penggunaan AutoCAD menunjang pekerjaan pada bidang-bidang teknik yang semakin gencar belakangan ini. Saat ini banyak perusahaan jasa konsultan yang telah memanfaatkannya untuk pekerjaan mereka. Penggunaan AutoCAD tidak lain adalah untuk mempercepat proses desain yang pada akhirnya akan memangkas biaya operasional dan dapat mengerjakan proyek dengan lebih efisien.
Biaio and Sivin 199: Braun 1990; Lawton and Gerschner 1982; Morkos and Tinker 1987; Robertson at al 1987, Rupe 1986, Schmidt, at al 1985-1986, Wepner, 1990. Mereka melakukan penelitian tentang mengapa CAI disukai oleh para siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang mereka lakukan dengan cara menanyakan langsung kepada siswa mengapa mereka menyukai CAI antara lain:
1.      Sangat sabar, dapat digunakan sesuai keinginan siswa
2.      Tidak lelah, dapat digunakan berulang-ulang
3.      Tidak pernah marah. Program di CAI sudah disesuaikan dengan kebutuhan walaupun tidak bisa menjawab pertanyaan siswa tidak akan dimarahi.
4.      Membiarkan siswa belajar sendiri
5.      Tidak pernah lupa untuk memberikan koreksi Adanya feedback langsung yang dibuat pada program CAI tersebut.
6.      Menyenangkan dan meghibur
7.      Belajar secara individual
8.      Siswa dapat mencoba semau hal (tombol) yang ada untuk mengeksplor keingintahuannya.
9.      Lebih objektif dari pada instruktur
10.  Pemberi motivasi
11.  Sangat baik untuk kegiatan drill and practice.
12.  Dalam penggunaannya menggunakan penglihatan, pendengaran dan sentuhan
13.  Dapat mengoperasikan komputer untuk kehidupan selanjutnya.
Berdasarkan pernyataan diatas hal tersebut menyatakan bahwa adanya penurunan penguatan negatif dengan membiarkan siswa belajar secara trial and error (coba-coba) terhadap apa yang diinginkannya. Dengan demikian sikap positif siswa terlindungi dan meningkat.
Banyak program/software yang digunakan untuk program CAI contohnya: Frontpage dan Microsoft, Dreamweaver, Autoware, dan Flash dari Macromedia. Macromedia Flash dengan kemudahan aplikasinya dan tamlpilan animasinya yang mengagumkan mungkin saat ini yang paling banyak digunakan programer untuk membuat CAI.
Program CAI yang dirancang untuk tujuan pembelajaran mempunyai beberapa bentuk penyajian pesan yang terdiri atas tutorial, drill and practice(latihan), simulasi dan permainan atau games.
Sejauh pengamatan penulis banyak media CAI tentang AutoCAD dipasaran. Tetapi sangat disayangkan media CAI tersebut hanya terbatas pada tutorial/latihan membuat grafis bentuk saja, sedangkan yang berkaitan dengan keteknikan atau pada khususnya teknik elektro/elektronika sejauh ini nihil. Maka dari itu penulis terdorong untuk membuat media CAI AutoCAD yang berkaitan dengan penerapan gambar teknik elektro/elektronika.
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka masalah penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut:
  1.  
1.      Bagaimana kemampuan siswa dalam membuat gambar teknik elektro/elektronika?
2.      Apakah media CAI bisa menjadi media alternatif belajar menggambar teknik dengan menggunakan program AutoCAD?
3.      Apakah media CAI tentang AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/ elektronika dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan baik?
4.      Apakah materi yang disajikan dalam media CAI sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?
5.      Apakah media interaktif CAI AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/elektronika dapat menjadi pelengkap bahan belajar mandiri bagi siswa?
6.      Bagaimana pengembangan media interaktif CAI AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/ elektronika?
PEMBATASAN MASALAH
Dari masalah yang telah teridentifikasi maka penulis lebih memfokuskan kepada pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer/CAI AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/ elektronika. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan pokok bahasan yang dipilih adalah menggambar layout eletronika serta instalasi listrik rumah sederhana sampai rumah bertingkat menggunakan AutoCAD dan program atau software yang digunakan adalah AutoCAD 2002. Penelitian ini melibatkan beberapa evaluator yaitu para ahli dan siswa. Siswa yang dipilih adalah siswa SMK teknik elektro/ elektronika.
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada pembatasan masalah diatas maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut: “Bagaimana pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer/CAI sebagai tutorial/latihan interaktif program AutoCAD 2002 pada penerapan Gambar Teknik Elektro/ Elektronika?”
TUJUAN PENELITIAN
Penilitian ini bertujuan untuk:
  1.  
1.      Membuat media pembelajaran interaktif CAI AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/ elektronika.
2.      Menciptakan inovasi belajar dalam penerapan gambar teknik elektro/ elektronika menggunakan AutoCAD pada khususnya AutoCAD 2002
RUANG LINGKUP PENELITIAN
Terbatasnya kemampuan peneliti akan waktu, tenaga, sumber dan biaya, maka jenis masalah yang diteliti yaitu pada kawasan pengembangan yang terdapat pada rumusan masalah yaitu “Bagaimana pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer/CAI sebagai tutorial interaktif AutoCAD 2002 pada penerapan Gambar Teknik Elektro/ Elektronika?”
Program/software AutoCAD dipilih karena merupakan program yang banyak digunakan untuk keteknikan dan penelitian ini menghasilkan produk media interaktif CAI pada khususnya AutoCAD 2002 yang dapat digunakan oleh siswa SMK jurusan Teknik Elektro/ Elektronika
MANFAAT PENELITIAN
Secara umum manfaat dari penelitian pengembangan ini, antara lain:
  1.  
1.      Dapat menjadi media yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mandiri
2.      Dapat membantu siswa dalam membuat karya/gambar-gambar teknik elektro/ elektronika dengan menggunakan AutoCAD
3.      Dapat menjadi faktor pendukung kegiatan belajar dan sebagai salah satu faktor tang dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi siswa.
4.      Dapat menjadi media pembelajaran alternatif atau referensi bagi yang ingin belajar membuat gambar keteknikan dengan AutoCAD
KAJIAN PUSTAKA
1.      Hakikat media pembelajaran berbasis komputer
Pengertian media…
Menurut Derek Rowentere, media pembelajaran berfungsi :
  •  
1.      membangkitkan motivasi belajar.
2.      Mengulang apa yang telah dipelajari.
3.      menyediakan stimulus belajar.
4.      mengaktifkan respon peserta didik
5.      memberikan timbal balik dengan segera.
6.      menggalakan latihan yang serasi.
Seels and Richey (1994), mengkategorikan media pembelajran menjadi 4 kategori berdasarkan teknologi, yaitu :
  • Media hasil teknologi cetak, meliputi teks, grafis, foto/representasi fotografi dan reproduksi; contoh : buku dan materi visual statis.
  • Media hasil teknologi Audio-Visual; teknologi ini adalah cara menghasilkan menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dari elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio-visual contohnya : TV, DVD Palyer, Film Projector.
  • Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer; teknologi ini menyampaikan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis microprosesor yang disimpan dalam bentuk digital. Berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai “Computer Asissted Instruction” ( Pembelajaran dengan berbasis bantuan komputer).
  • Media hasil gambar teknologi cetak dan komputer, Teknologi ini adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer. Contoh media : CD-ROM yang memuat ;teks, gambar, grafik dan suara yang disajikan melalui komputer.
Pembelajaran yang menggunakan bantuan komputer dikenal dengan istilah “Computer Asissted Instruction” ( CAI)/ Learning (CAL)/ pembelajaran berbantuan komputer (PBK) dan untuk selanjutnya akan digunakan istilah CAI, yang dapat didefinisikan sebagai “any intervention by computer calculation” .
CAI adalah suatu program aplikasi interaktif yang dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi maupun sebagai media evaluasi dalam proses pembelajaran.
CAI dapat digunakan sebagai alat dalam pembelajaran mandiri siswa.
Penggunaan CAI dalam pembelajaran merupakan salah satu alternatif media yang menarik dan mampu memberikan gambaran nyata terhadap materi yang bersifat abstrak.
Jadi CAI adalah suatu bentuk pemberian pelajaran secara langsung terhadap siswa maupun siswa dengan menggunakan komputer atau software yang digunakan contoh : Frontpage dari Microsoft, Dreamweaver, Authoware and flash dari Macromedia. Macromedia Flash dengan kemudahan aplikasi dan tampilan animasinya yang mengagumkan mungkin saat ini yang banyak digunakan oleh programer untuk membuat CAI.
1.      Format atau struktur pembelajaran CAI
Menurut Kempt and dayton (1965) terdapat lima bentukng biasa digunakan untuk menggambar cara-cara pembelajaran berbantuan komputer, yaitu : tutorial, drill and practice, problem solving and games.
Metode tutorial adalah salah satu jenis metode pebelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagian definisi, latihan-latihan dan branching yang sesuai yang disajiakan oleh tutor untuk mendampingi siswa.
Metode drill and practice, menganggap bahwa konsep dasar telah dikuasai oleh siswa dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumus-rumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret dan menjelajahi daya tangkap mereka terhadap materi.
METODOLOGI
1.      Tujuan Penelitian
Seperti yang telah penulis sampaikan pada BAB I penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis komputer AutoCAD pada penerapan gambar teknik elektro/elektronika
1.      Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta SMKN 34 serta dikediaman penulis. Penelitian ini dimulai pada September 2007-Janauari 2008.
1.      Metode Penelitian
Dilihat dari tujuan untuk menghasilkan atau mengembangkan suatu produk penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian pengembangan. Penelitian ini diawali dengan analisa kebutuhan dilanjutkan dengan rancangan pengembangan produk diimplementasikan kemudian produk dievaluasi dan direvisi.
PROSEDUR PENGEMBANGAN PRODUK
  1.  
1.      Need Assesment atau Analisis kebutuhan
1.      Karakteristik Pengguna
2.      Lingkungan pembelajaran yang digunakan untuk mendukung penggunaan CAI
3.      Kebutuhan sistem komputer
4.      Orang-orang yang terlibat dalam pengembangan produk
5.      Kompetensi yang diperoleh pengguna setelah mempelajari media CAI
2.      Design atau perancangan
Ada beberapa tahap yang harus dilakukan
  1.  
    1.  
1.      Menentukan tujuan pembelajaran dan format penyajian,
2.      Melakukan analisis materi
3.      Membuat flowchart
4.      Membuat storyboard
1.      Development and Implementation (Pengembangan dan Implementasi)
1.      Pra produksi
2.      Produksi
3.      Pengujian program
1.      Evaluation and Revition (Evaluasi dan Revisi)
1.      Evaluasi
2.      Revisi
1.      Teknik Evaluasi
1.      Evaluasi oleh para ahli
2.      One-to-one evaluation atau evaluasi satu-satu
3.      Small group atau evaluasi kelompok kecil
KESIMPULAN
Kesimpulan
Penelitian pengembangan “AutoCAD Pada Gambar Teknik Elektro dan Elektronika”, pada awalnya akan menghasilkan CD pembelajaran interaktif akan tetapi karena ukuran file program 750mb maka penulis menyimpan pada DVD Pembelajaran tutorial ini dapat digunakan oleh mahasiswa Teknik Elektro sebagai bahan belajar mandiri. Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa dan siswa mempelajarai penggunaan perintah-perintah pada AutoCAD untuk membuat gambar teknik Elektro/ Elektronika.
Untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut model yang digunakan adalah CAI Design Model (CDM). Prosedur pengembangan dari model CAI ini terdiri dari empat tahapan pengembangan.
DAFTAR PUSTAKA
Aji W. Pahmi, Perencanaan Instalasi Listrik, Bandung: Armico, 2001
Arif Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 1996
Posted in Uncategorized


Tidak ada komentar:

Posting Komentar